Ide Bisnis yang Cocok Di Jalankan Oleh Mahasiswa.

business meetingSebagai seorang mahasiswa, masalah keuangan di tanggal tua adalah masalah yang kerap kali menghantui. Untuk bisa lepas dari masalah ini, mahasiswa dituntut harus bisa kreatif dan mau bekerja keras supaya masalah uang bisa sedikit teratasi.

Mahasiswa itu seperti pengangguran terselubung. Secara usia seharusnya seorang mahasiswa sudah harus bisa mandiri. Jangan hanya sekedar mengandalkan kiriman uang dari orang tua, cobalah untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan sendiri.

Siapa bilang tidak bisa menjalankan bisnis sambil kuliah. Tentu saja bisa. Yang penting disini adalah niat dan ketlatenan untuk memanage waktu supaya bisnis dan kuliah tetap bisa berjalan dengan beriringan.

Tidak hanya bisa mendapatkan uang tambahan untuk biaya hidup, dengan menjalankan bisnis kecil-kecilan sejak menjadi mahasiswa akan melatih mental lebih mandiri dan siap dengan tantangan dunia kerja nantinya. Selain itu dengan menjalankan bisnis sejak dini, Anda bisa memperluas link yang bagus kedepannya.

Sebenarnya ada banyak ide bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa. Berikut beberapa ide bisnis yang bisa Anda coba.

Membuka Bimbel atau Bimbingan Belajar.

Membuka bimbel private adalah salah satu ide bisnis yang sangat umum dijalankan oleh mahasiswa. Biasanya bisnis ini dijalankan oleh mahasiswa dengan jurusan pendidikan. Namun tidak menutup kemungkinan mahasiswa dari jurusan lain juga masuk dalam lini bisnis ini.

Dengan menjalankan bisnis bimbel atau tutor belajar, ilmu yang Anda dapatkan tidak akan sia-sia dan bisa Anda bagikan untuk orang lain.

Peluang bisnis ini biasanya banyak ditemukan disaat-saat menjelang UN.

Bisnis jasa spesifik.

Sebagai seorang mahasiswa dengan jurusan tertentu, Anda tentu menggeluti bidang-bidang spesifik yang terkadang tidak digeluti oleh orang lain. Manfaatkanlah kondisi ini.

Misalnya Anda adalah seorang mahasiswa jurusan IT, Anda bisa membuka jasa pembuatan web. Orang-orang awam yang tidak menggeluti bidang IT dan membutuhkan website ada banyak, Anda bisa menyasar pasar ini.

Atau misalnya Anda adalah mahasiswa dari jurusan sastra, Anda bisa membuka jasa penulisan artikel. Atau jika Anda seorang mahasiswa DKV, Anda bisa menerima jasa desain. Dan lain sebagainya.

Bisnis Fashion.

Fashion adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari mahasiswa. Berbeda dengan kalangan anak sekolah yang menggunakan seragam untuk sekolah, mahasiswa menggunakan pakaian bebas saat berkuliah, dan para mahasiswa tentu saja ingin tampil sebaik mungkin dengan fashion mereka masing-masing.

Contohnya adalah berhijab yang saat ini tengah menjadi trend di kalangan perempuan. Sebagai mahasiswa terutama perempuan hal ini sebenarnya merupakan sebuah peluang yang bisa diambil. Anda bisa berjualan hijab atau kerudung. Mulailah sasar teman-teman terdekat Anda dulu, baru Anda bisa menyasar pasar yang lebih luas dengan berjualan secara online.

Untuk mahasiswa laki-laki, Anda bisa mencoba berjualan kaos. Jika Anda memiliki kemampuan desain, Anda bisa mecoba bisnis kaos costum satuan. Hal ini tentu akan menarik banyak minat.



There are no comments

Add yours