solar-panel-array-power-plant-electricity-power-159160

Komponen Dalam Lampu Tenaga Surya

Apabila berbicara tentang lampu tenaga surya tentu tidak akan pernah ada habisnya. Sebenarnya, penggunaan lampu jenis ini sudah lama digunakan. Namun hanya saat – saat ini saja sedang booming. Keunggulan penggunaan lampu jenis ini bisa Anda rasakan sendiri, salah satunya adalah lebih ramah energi dan bisa menyala dalam waktu yang lama. Namun saat ini kebanyakan lampu tenaga surya hanya digunakan untuk umum, contohnya penggunaan lampu taman atau jalan. Tapi tentu saja, lampu berbasis pembangkit listrik tenaga surya juga memiliki beberapa komponen penting. Berikut ini komponen dalam lampu jenis yang satu ini.

Lampu LED

Komponen utama dari lampu tenaga surya adalah lampu LED. Dalam penggunaan lampu jenis ini biasanya adalah lampu dengan spesifikasi searah atau DC. Lampu jenis tersebut wajib digunakan saat perancangan lampu dengan tenaga matahari. Penggunaan lampu LED dimaksudkan untuk menghindari adanya komponen yang lainnya dan juga menekan biaya. Di samping itu, supplay listrik sendiri akan lebih hemat, salah satu contohnya adalah inverter. Jadi bisa dikatakan penggunaan lampu dengan arus bolak balik akan menambah biaya dan juga ada penurunan pada efesiensi daya.

Baterai

Baterai dalam lampu tenaga surya digunakan untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya. Kapasitas baterai yang digunakan juga harus diukur, terutama dalam satuan amphere dengan beberapa tegangan yang berbeda – beda. Biasanya tegangan yang digunakan untuk lampu dengan tenaga surya ini adalah 12 volt, 48 volt atau 24 volt. Di samping itu, ada beberapa komponen dalam pembangkit ini, yakni kemampuan dalam memenuhi kebutuhan daya dalam waktu satu hari, maksimum dalam penggunaan kapasitas, dan juga penurunan kapasitas baterai karena suhu.

Panel surya

Panel surya merupakan salah satu komponen lampu tenaga surya yang digunakan dalam menangkap energi matahari. Panel surya bekerja dengan secara otomatis dalam mengisi baterai sebagai tempat penyimpanan listrik. Kapasitas panel surya merupakan salah satu daya maksimum yang bisa dihasilkan oleh sebuah panel surya. Jadi biasanya panel surya yang menangkap cahaya atau sinar matahari yang biasa diukur dalam satuan watt peak. Di samping itu, panel surya yang bekerja dalam lamanya penyinaranya akan lebih disebut dengan waktu ekivalen matahari.

Solar charge controller

Solar charge controller atau biasa yang disebut dengan baterai control adalah salah satu lampu tenaga surya. Tapi yang perlu diingat adalah dalam pemilihan solar charge controller. Di mana dalam penggunaannya untuk lampu tenaga surya harus memiliki perhitungan yang tepat dalam penempatan komponen yang satu ini.

Dengan demikian komponen – komponen yang biasa digunakan dalam pembuatan lampu dengan tenaga surya. Penggunaan lampu jenis ini menjadi salah satu jalan alternatif untuk pemerintah dalam pemerataan penerangan pada daerah yang terpencil. Mengingat sinar matahari yang didapatkan di Indonesia lebih baik dimanfaatkan. Lampu tenaga surya juga sangat mudah untuk digunakan, dan juga dirawat.



There are no comments

Add yours